. Paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Anton Saragih- Benny Sinaga Ziarah ke Makam Raja Tanah Jawa

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Anton Saragih- Benny Sinaga Ziarah ke Makam Raja Tanah Jawa



Simalungun, S24 - Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Periode Tahun 2024-2029 DR. H. Anton Achmad Saragih - Benny Gusman Sinaga ST berziarah ke Makam Raja Tanah Jawa yang terletak di Kelurahan Pematang Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, Kamis (12/9/2024).

Sebelum berziarah, Anthon Saragih dan Benny Sinaga terlebih dahulu menjalankan serangkaian Tradisi dan Adat dari pihak Raja Tanah Jawa. 

Kemudiaan Anton Saragih -Benny Sinaga terlebih dahulu menziarahi Makam Panglima Kerajaan Tanah Jawa  setelah  selesai prosesi Ziarah di Makam Panglima Kerajaan Tanah Jawa  Anton Saragih - Benny Sinaga  melanjutkan Ziarah  ke Makam Raja Tanah Jawa. 

Sebagai mana tata cara secara adat berlangsung Anton Saragih -  Benny Sinaga  ikut serta meletakkan beberapa helai Demban (daun Sirih-red) di Pusara Makam Raja Tanah Jawa , Pusara Makam Panglima Kerajaan Tanah Jawa  dan juga di  Pusara Keluarga Kerajaan Tanah Jawa yang lainnya yang berada di sekitar Makam Raja Tanah Jawa.

Dalam ziarah tersebut pihak dan atau keturunan Raja Tanah Jawa  memberikan dukungan langsung melalui ucapan dan doa kepada Anton Saragih dan Benny Sinaga  untuk dapat memperoleh Kemenganan  di Pemilihan Bupati dan Simalungun yang perhelatannya dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Anton Saragih - Benny Sinaga mengatakan, ziarah yang dilaksanakan adalah bentuk penghormatan mereka kepada Raja Tanah Jawa dan keturunannya, sekaligus melestarikan budaya yang selama ini telah berjalan turun temurun.

"Budaya itukan harus dilestarikan, menghormati opung-opung kita (terdahulu). Jangan sampai lupa kita terhadap budaya, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya," kata Anthon yang saat itu juga didampingi para tim pemenangan.

"Biar kita juga tidak lupa dari mana kita berasal, supaya kita juga lebih menghargai leluhur kita, ya harus dilestarikan. karena memang harus turun temurun juga kan, yang penting itu juga kan pelestariannya. bukan cuman pelaksanaannya, harus dilestarikan," Tegasnya. 

Anton Saragih dan Benny Sinaga dalam kegiatan Ziarah tersebut  di sambut hangat oleh keturunan Raja Tanah Jawa,  tampak hadir juga  dalam Ziarah antara lain Anggota DPRD Kabupaten Simalungun Bona Uli Rajagukguk, Juarsa Siagian, Benfri Sinaga, dan warga Dapil 5,  Pemuda Pancasila Tanah Jawa, Grib Jaya Tanah Jawa. Ketua Tim Relawan Marsada Eripson Ginting bersama Korcam dan Kordes Marsada .

Kepada para relawan, Anton dan Benny juga mengjimbau agar tetap berusaha serta berjuang untuk satu kemenangan di Tanoh Habonoran Do Bona. (S24-S.Hadi Purba)








Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama