. Suara Indah Samuel Sigalingging Nyanyikan Lagu "Berkibarlah Bendera Negeriku " Jadi Viral

Suara Indah Samuel Sigalingging Nyanyikan Lagu "Berkibarlah Bendera Negeriku " Jadi Viral



Simalungun, S24-Seorang bocah bertalenta dari desa yang duduk di bangku kelas III Sekolah Dasar (SD) Negeri No 094168 Simpang Naga Panei, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara mendadak viral usai menyanyikan lagu nasional berjudul "Berkibarlah Bendera Negeriku " Ciptaan Gombloh (Soedjarwoto Soemarsono).

Samuel Galingging (8) terkenal setelah video dirinya sedang berlatih bernyanyi di sekolah viral di media sosial (medsos). Latihan yang dilakukan Samuel bocah bersuara emas itu untuk mengikuti perlombaan tarik suara tingkat kecamatan dalam rangka HUT RI ke-79.

Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri No 094168 Simpang Naga Panei, Tiomas Saragih, ketika ditemui wartawan mengaku Samuel Sigalinging memang memiliki telenta suara emas sejak kecil.

“Si Samuel benar murid kita, dia sekarang kelas III. Memang senang dia nyanyi, jadi kami pilih dia untuk mewakili sekolah ikut lomba nyanyi di tingkat kecamatan,” kata Tiomas Saragih baru-baru ini.

Tiomas Saragih mengatakan, selain bakal mengikuti perlombaan antar sekolah, Samuel Galingging juga pernah ikut lomba tarik suara saat duduk di bangku kelas II SD. “Waktu kelas dua itu dia ikut lomba nyanyi, tapi gak menang. Semoga nanti dia menjadi penyanyi yang terkenal saat dewasa kelak,” harapnya.

Samuel Sigalingging baru-baru ini juga meraih juara Favorit pada lomba nyanyi yang diadakan Forum Artis Sumatera Utara (FASU) di Medan.  


Samuel Galingging ditemui usai latihan di sekolahnya merasa senang setelah banyak warganet yang mengenal dirinya. Bahkan, waktu dekat ini Samuel Sigalingging akan bertolak ke Medan menghadiri undangan dari mantan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

“Senang kali aku bang. Aku pun mau ke Medan diundang Pak Edy, aku dari kecil sudah diajari nyanyi sama bapak,” cerita Samuel Sigalingging.

Bahkan sebuah group band ternama di Sumatera Utara (Pematangsiantar) Punxgoaran mengajak Samuel Sigalingging membuat videoklip dan menyanyikan  "Berkibarlah Bendera Negeriku " 

Tulus Galingging (40), ayah kandung Samuel Sigalingging merasa senang dengan sikap positif warganet yang menyambut baik video anaknya saat bernyanyi lagu nasional. “Setelah viral ini senang. Saya pun berterima kasih kepada warganet/netizen, ternyata sambutan netizen baik,” ungkapnya.

Menurut Tulus, bakat bernyanyi yang dimiliki Samuel didapat dari kakeknya. Keluarga Tulus juga merupakan penyanyi Batak. “Memang kalau keluarga penyanyi, mungkin nurun juga ke Samuel Sigalingging,” ujarnya.

Setelah video Samuel viral di Sosmed, Tulus Sigalingging memastikan anak bungsu dari 4 bersaudara itu akan berangkat ke Medan, Kamis mendatang untuk menghadiri sebuah acara. “Kamis ini anak kita mau ke Medan diundang oleh Pak Edy Rahmayadi. Nyanyi juga nantinya di Medan,” katanya.

Buah durian jatuh tidak jauh dari pokoknya. Atau ada istilah Batak mengatakan "Dang Dao Tubis Sian Bonana" (tubis adalah rebung anak bambu yang kerap dibuat jadi sayur). Demikian juga 4 anak laki-laki bersaudara ini dalam memiliki talenta tarik suara dan musik.

Talenta tarik suara ini menurun dari ayah mereka Pak Rony Sigalingging. Empat anak laki-laki yakni 1.Rony Van Sigalingging, 2.Cristian Sigalingging, 3.Yehezkiel Sigalingging, 4.Samuel Sigalingging memiliki suara yang diatas rata-rata seusia mereka.

Orang tua anak ini, Tulus Sigalinging atau kerap disapa Pak Rony Sigalingging/ Br Sinaga melihat talenta yang ada pada ke empat anak mereka. 

Awalnya dengan bermodalkan gitar, Ayah mereka kerap membuat video tiga anaknya bernyanyi (Trio) seperti khasnya Trio Batak. Nama Trionya Sigalingging Junior dengan formasi suara, suara 1 Cristian Sigalingging, Suara 2 Yehezkiel Sigalingging dan suara 3 Rony Van Sigalingging. 


'Berkibarlah Bendera Negeriku'

Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Salah satu lagu yang tak pernah absen dalam setiap perayaan adalah 'Berkibarlah Bendera Negeriku'. Apakah kamu hafal lirik lagu 'Berkibarlah Bendera Negeriku'?

Lagu ciptaan Gombloh ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Liriknya yang penuh semangat dan makna mendalam berhasil membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Mari kita simak lebih dalam lirik lagu ini dan mengenal sosok di balik terciptanya lagu yang sangat kita cintai.

Berikut ini adalah lirik lagu 'Berkibarlah Bendera Negeriku' yang dikutip dari laman resmi Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Sony Sugema.

'Berkibarlah Bendera Negeriku'

Berkibarlah bendera negeriku
Berkibarlah engkau di dadaku
Tunjukkanlah kepada dunia
Semangatmu yang panas membara

Daku ingin jiwa raga ini
Selaraskan keanggunan
Daku ingin jemariku ini
Menuliskan karismamu
Berkibarlah bendera negeriku

Berkibar di luas nuansamu
Tunjukkanlah kepada dunia
Ramah tamah budi bahasamu
Daku ingin kepal tangan ini

Menunaikan kewajiban
Putra bangsa yang mengemban cita
Hidup dalam kesatuan
Berkibarlah selalu
Bendera negeriku

Menghias langit biru
Oh indonesiaku
Tunjukkan dirimu kepada dunia
Dan torehkan warnamu di dalam dada
Berkibarlah bendera negeriku

Berkibarlah engkau di dadaku
Tunjukkanlah kebanggaanku dan semangatmu
Yang panas membara
Berkibarlah bendera negeriku
Berkibarlah engkau di dadaku

Tunjukkanlah kepada dunia
Semangatmu yang panas membara
Daku ingin jiwa raga ini
Selaraskan keanggunan
Daku ingin jemariku ini

Menuliskan karismamu
Daku ingin kepal tangan ini
Menunaikan kewajiban
Putra bangsa yang mengemban cita

Hidup dalam kesatuan
Daku ingin jiwa raga ini
Selaraskan keanggunan
Daku ingin jemariku ini

Menuliskan karismamu
Daku ingin kepal tangan ini
Menunaikan kewajiban
Putra bangsa yang mengemban cita
Hidup dalam kesatuan
Makna Lagu Berkibarlah Bendera Negeriku

Lagu 'Berkibarlah Bendera Negeriku' mengungkapkan cinta dan semangat patriotisme terhadap Indonesia. Liriknya mengajak semua orang untuk menjunjung tinggi bendera merah putih sebagai simbol negara dan berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa. Semangat nasionalisme diharapkan selalu berkobar dalam hati setiap individu.

Lagu ini menyerukan pentingnya menggunakan segala kemampuan untuk memuliakan bangsa melalui karya, tindakan, dan pemikiran. Persatuan dan kesatuan juga ditekankan sebagai kunci dalam membangun negara. Melalui harmoni dan dukungan satu sama lain, kita dapat menghadapi tantangan dan mencapai kemajuan.

Simbol dalam lagu, seperti bendera merah putih, jiwa raga, jemari, dan kepal tangan, mencerminkan dedikasi dan kesiapan untuk berjuang demi negara. Pesan utama lagu ini adalah menjaga persatuan, menghargai nilai-nilai kebangsaan, dan berkontribusi aktif untuk kemajuan Indonesia.
Profil Gombloh

Dirangkum dari buku Musisiku oleh Komunitas Pencinta Musik Indonesia dan Indonesia Pusaka oleh Sopan Adrianto, Gombloh yang lahir pada 14 Juli 1948 adalah seorang musisi legendaris Indonesia. Nama aslinya adalah Soedjarwoto Soemarsono. Meski dibesarkan dalam keluarga sederhana dan sempat kuliah di Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Gombloh memilih jalan musik dan meninggalkan bangku kuliah.

Gombloh dikenal sebagai pencipta lagu balada yang menyentuh. Ia bergabung dengan grup musik Lemon Tree's Anno 69 yang mengusung aliran art rock dan orchestral rock. Melalui lagu-lagunya, Gombloh mengangkat tema nasionalisme dan kemanusiaan. Salah satu lagu terkenalnya, 'Bendera', terinspirasi dari perjuangan Bung Tomo dalam mempertahankan bendera merah putih saat perang kemerdekaan.

Gombloh adalah musisi yang sangat disukai banyak orang. Ia dikenal dengan penampilannya yang sederhana dan tidak mementingkan citra glamor. Di atas panggung, ia mengenakan pakaian putih, sepatu kets, dan seringkali bertopi. Penampilannya yang sederhana sering menjadi bahan ledekan teman-temannya, tetapi ia tetap konsisten dengan gayanya.

Karya-karya Gombloh sering menyampaikan semangat kebangsaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Lagu-lagunya, seperti 'Padamu Negeri' yang diciptakan oleh Kusbini, selalu mengobarkan semangat patriotisme dan cinta tanah air. Selain itu, ia juga dikenal dengan lirik-lirik yang mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari rakyat kecil, kepahlawanan, dan keindahan alam.

Gombloh tidak hanya dikenal sebagai pemusik pop biasa. Ia memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari artis lainnya. Kehidupan sehari-harinya sangat sederhana. Ia lebih suka merokok, makan di warung pinggir jalan, dan tampil dengan penampilan yang apa adanya. Meskipun begitu, ia tetap berhasil menghasilkan banyak album yang sukses di pasaran. (S24-Berbagaisumber/AsenkLeeSaragih)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama