. Tol Tebing Tinggi – Serbelawan – Siantar Tuntas 100 Persen, Siap Dilintasi

Tol Tebing Tinggi – Serbelawan – Siantar Tuntas 100 Persen, Siap Dilintasi

Pembangunan konstruksi Tol Tebing Tinggi – Serbelawan – Pematangsiantar, tuntas 100%. (dok hamawas)

Pematangsiantar, S24-Penantian panjang masyarakat Sumatera Utara akan beroperasinya secara penuh Jalan Tol Tebing Tinggi – Serbelawan – Pematangsiantar (Seksi 3-4), terjawab sudah. PT Hutama Marga Waskita (Hamawas), anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) itu, memastikan pembangunan konstruksi Tol Tebing – Serbelawan – Pematangsiantar telah tuntas 100% sejak Juni 2024.

Direktur Utama Hamawas, Dindin Solakhuddin, mengatakan pihaknya akan melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 10-12 Juli 2024, untuk memastikan kondisi prima jalan tol sebelum dibuka secara umum.

Dari kondisi itu, Tol Tebing – Serbelawan – Siantar, yang merupakan bagian dari Ruas Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) itu, akan dibuka resmi untuk umum di bulan Juli ini.

“Dengan selesainya ruas baru Tol Tebing Tinggi – Serbelawan – Pematangsiantar milik Hamawas ini, maka operasional jalan tol dapat segera disiapkan,” ujar Dindin, Senin (8/7/2024).

Beroperasinya nantinya Tol Tebing – Serbelawan – Siantar, kata Dindin, akan memberi manfaat kepada masyarakat di sektor perekonomian maupun di berbagai sektor lainnya.

“Potensi wisata dan perdagangan di daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau, kini dapat tereksplorasi lebih optimal yang memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Dindin.

Seperti waktu tempuh ke Parapat, Danau Toba, jika selama ini memakan waktu rata-rata 4 jam dari Medan, maka nantinya lewat tol itu hanya sekitar 2 jam saja.

“Sudah pasti tol ini dapat memangkas waktu tempuh pengendara serta mempermudah aksesibilitas barang sehingga meningkatkan efisiensi logistik,” ujar Dindin.

Selain itu Tol Tebing – Serbelawan – Siantar, ruas Tol Ketupat lainnya, yakni Seksi 2 Tol Indrapura – Kuala Tanjung, juga sudah rampung konstruksinya 100%. (S24-Red)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama