. Obrain Torang Sianipar: Disabilitas Bukan Halangan Untuk Berkarya, Dibalik Kelemahan Fisiknya Allah Menitipkan Sejumlah Potensi dan Prestasi

Obrain Torang Sianipar: Disabilitas Bukan Halangan Untuk Berkarya, Dibalik Kelemahan Fisiknya Allah Menitipkan Sejumlah Potensi dan Prestasi


Obrain Torang Sianipar bersama Ali Mochtar Ngabalin Staff Khusus Presiden RI.(IST)


“Sekali Mengabdi Selamanya Berkontribusi”

Muara Enim, S24-Tidak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan kekurangan fisik, atau kelemahan pada tubuh. Tapi bukanlah penghalang bagi sosok Obrain Torang Sianipar untuk berkarya, mengabdi dan sekaligus berkontribusi. 

Seorang yang hanya memiliki sebelah kaki saja yang diakibatkan kecelakaan kerja, namun terus berkarya dan memberikan keperdulian bagi masyarakat sekitar bahkan masyakat luas. Bukan hanya sekitar domisilinya saja, tapi luar daerah pun didatanginya yang didampingi pihak managemen PT Bukit Asam Tbk.

Dengan segudang pengalaman dan prestasi yang diraihnya, dirinya juga suka berbagi ilmu dan pengalamannya kepada orang lain dengan melakukan kegiatan yang sangat bermanfaat. Namun selama ini belum begitu dikenal, karena kurangnya perhatian serta dipublikasikan di media.


Beliau juga sering diundang menjadi nara sumber di berbagai Instansi dan Lembaga pemerintahan maupun Lembaga swasta. Pernah bekerja di Perbankan untuk usaha UMKM, dan bahkan pernah di undang ke Istana serta bertemu langsung dan sharing tentang pembuatan perda disabilitas dengan Ali Mochtar Ngabalin staff khusus Presiden RI.

Serta memperjuangankan hak-hak disabilitas sesuai dengan ketentuan UU No.8 tahun 2016, tentang Disabilitas beserta dengan turunan nya. Ali Mochtar Ngabalin sangat senang atas kehadirannya di Istana dan sempat menyampaikan aspirasi kaum disabilitas di daerah.

Obrain Torang Sianipar bersama Menteri Sosial RI Tri Rismaharini .(IST)

Lulusan S2 Pasca Sarjana Manajemen ini juga meminta kepada pemerintah agar kuota difabel di tampung di penerimaan ASN/CPNS yang akan datang.

Obrain Torang Sianipar yang juga atlet berprestasi dari kota Pematangsiantar yang pernah dipercaya NPC Sumut untuk menjaring atlet Difabel dari Kota Pematangsiantar, saat ini bekerja sebagai karyawan di perusahaan yang bertaraf Nasional bahkan internasional di PT Bukit Asam yang bergerak dibidang exploitasi/explorasi Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Berawal dari pengalaman yang dimilikinya, kemudian didukung dan disupport dari perusahaan serta dipercaya untuk mengemban tugas, sehingga dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk ditularkan kepada orang lain.

Itulah yang menjadi kebanggaan bagi suami dari Verawati Br Damanik ini, karena dapat berbagi kebahagiaan untuk orang lain. Baginya berbagi pengalaman dan ilmu adalah merupakan Ibadah kepada sang pencipta. Sehingga dirinya sangat bersemangat dan loyal terhadap pekerjaan yang di amanahkan kepadanya, sebagai insan Bukit Asam yang mengabdi pada Negeri ini.

Dalam bincang-bincang Obrain Torang Sianipar, bahwa dirinya diberikan tugas untuk membantu kaum dhuafa, menyantuni anak yatim, berbagi kepada orang yang tidak punya walaupun dia sendiri mempunyai keterbatasan fisik.

Hal ini guna meringankan beban keluarga mereka, juga membantu sarana ibadah di masjid dan Pondok Pesantren Desa Tegal Rejo serta membantu pendidikan di SLB. Juga pernah ikut seerta berperan aktif dalam Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Bali yang di undang langsung oleh kementerian social dan Gubernur Bali bapak I Wayan Koster saat itu.

Moment itu diabadikan dengan kegiatan serta foto bareng dengan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini  bekal berbagai pengetahuan dan skill yang dimilikinya, pasca kegiatan selesai dan wawancara TV Bersama dengan awak media di Bali.
Obrain Torang Sianipar dan Istri Tercinta Verawati Damanik saat kunjungan ke Kota Jambi, Kamis (4/7/2024). (IST)

Obrain Torang Sianipar sendiri sebagai umat Kristiani sangat toleransi terhadap agama lain, menghormati perbedaan, santun dan juga taat dalam melakukan ibadah dan doa untuk mendapatkan berkah dari sang pencipta, sebab baginya hidup adalah Anugerah dan kesempatan.

Dikatakan Obrain Torang Sianipar, ini semua dilakukan atas berkah Tuhan dengan secara ikhlas tanpa pamrih, mengingat yang dirinya miliki hanyalah titipan dari tuhan, untuk itu baginya, selagi bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan guna kemaslahatan orang banyak, kenapa tidak kita lakukan.

Dirinya bisa tampil seperti ini, karena support dan dukungan dari AVP Sustainbility (CSR) PTBA untuk memberikan kesempatan.

Obrain Torang Sianipar dan Istri Verawati Br Damanik disela-sela kunjungannya ke Kota Jambi, Kamis malam (4/7/2024), berbicang-bincang dengan Penulis. Banyak pengalaman berharga yang dia bagikan yang bisa sebagai motivasi dalam meniti karier atau usaha diberbagai bidang. 

Obrain Torang Sianipar yang juga mantan Jurnalis ini, kerap didapuk sebagai pembicara dalam kegiatan lokal dan Nasional. Dia bercita-cita mengabdi di BUMN dan bisa mengelola CSR BUMN untuk kemakmuran rakyat. Semoga.  (S24- Berbagaisumber/AsenkLeeSaragih)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama