. Jambi Gelar Konser Musik Batak Pertama Hadirkan Musisi Top Langsung dari Sumut

Jambi Gelar Konser Musik Batak Pertama Hadirkan Musisi Top Langsung dari Sumut

Musisi Batak Top Asal Sumut.

Jambi, S24-Provinsi Jambi akan mencatat sejarah baru dalam dunia hiburan melalui sebuah konser musik Batak yang diberi tajuk Konser Bangso Batak Jambi 2024. Konser musik Batak ini diselenggarakan oleh group media terbesar di Provinsi Jambi yaitu Jambi Ekspres Group pada Selasa 2 Juli 2024 mulai Pukul 18.30 WIB hingga selesai di Gedung Abadi Convention Center (ACC) Kota Jambi.

Adapun ide menyelenggarakan konser ini dilatarbelakangi oleh keinginan Jambi Ekspres menyatukan peminat musik Batak yang ada di Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah masyarakat suku Batak di Provinsi Jambi tahun 2010 lalu hampir mencapai 65.000 jiwa. Jumlah ini tentu terus bertambah hingga tahun 2024.

Jumlah komunitas masyarakat Batak yang sangat besar kemudian melahirkan ide melaksanakan konser musik Batak di Provinsi Jambi, mengingat konser sejenis ini belum pernah diselenggarakan sebelumnya.

“Selain menjadi ajang berkumpulnya masyarakat suku Batak di Jambi, konser ini juga akan menjadi hiburan bagi masyarakat umum yang menyukai lagu-lagu Batak, meskipun dia bukan orang Batak, semua bisa nonton,” ujar Bertha Ayu Manurung, ketua Pelaksana Konser Bangso Batak 2024 kepada wartawan.

Artis yang Tampil dan Cara Beli Tiket

Kata Ayu, deretan artis yang akan tampil dalam konser ini adalah artis-artis Batak yang memang sudah populer di Sumatera Utara dan namanya telah dikenal secara nasional.

“Artis-artis yang akan tampil dalam Konser Bangso Batak Jambi merupakan artis terbaik yang kita datangkan langsung dari Sumatera Utara, mereka memiliki fans di seluruh tanah air, termasuk di Jambi,” lanjutnya.

Artis-artis tersebut diantaranya Duo Naimarata (Nora Sagala dan Nita Damanik) dari Medan, Osen Hutasoit dari Medan, Jun Munthe dari Medan, dan Punxgoaran. 

Duo Naimarata (Nora Sagala dan Nita Damanik) cukup dkenal kalangan Batak, termasuk di Jambi dengan lagu Hits mereka yakni "SAI HORAS MA HO TU SI BORU LOMOMI". Lagu ini merupakan Lagu Batak Terpopuler sejak 2 November 2020 lalu yang dirilis oleh Channel YouTube Pelita Danau Toba dengan jumlah view sebanyak 40.136.480 x ditonton. 

Lagu "SAI HORAS MA HO TU SI BORU LOMOMI" Ciptaan Hendro Sinambela ini merupakan sejarah lagu Batak yang mampu ditonton hingga 40 Juta kali dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Suara indah Duo Naimarata pada Lagu "Sai Horas Ma Ho Tu Siboru Lomomi" cukup venomenal.

Kemudian personil Punxgoaran (Sihol Sukses) terdiri dari empat musisi yakni Guido Firdaus Hutagalung mengisi vokal, Ayub Damanik pada gitar, Rois Pulungan memainkan bass dari Kota Pematangsiantar.

Band Punxgoaran yang berasal dari Kota Pematangsiantar ini terbentuk sejak juni 2016 dengan bergenre Punkrock dengan gebrakan berbahasa daerah yaitu bahasa Batak. 

Musisi muda Osen Hutasoit, namanya melambung sejak rilis Lagu "TARPAIMA" Ciptaan Osen Hutasoit. Lagu "Tarpaima"ini tayang di Channel YouTube Osen Hutasoit sejak 6 November 2021 dan telah ditonton 17.009.574 x ditonton.

Acara akan dilaksanakan di Abadi Convention Center (ACC) Jambi. Mengapa memilih acara di dalam ruangan? Menurut Ayu karena konser ini ingin memberikan kesan nyaman untuk semua yang hadir.

“Genre lagu yang akan dinyanyikan artis-artis ini beragam, dari lagu sedih yang menusuk hati hingga lagu-lagu yang gembira, kita memilih ACC sebagai venue konser karena ingin semua menikmati setiap lantunan lagunya dengan nikmat,” lanjut Ayu.

Saat ditanya harga tiket, Ayu mengatakan tarif tiket masuk cukup beragam, mulai dari Rp125 ribu.

“Sejauh ini harga tiket yang kita tawarkan, bagi kalangan peminat lagu Batak masih tergolong terjangkau, apalagi artis yang akan tampil bukan 1 atau 2, namun 4 sekaligus,” lanjut Ayu.

Ayu juga memastikan, harga tiket yang ditawarkan masih terbilang menguntungkan penonton untuk kategori konser musik yang kualitasnya ‘mahal’ secara performance.

Sejauh ini antusias masyarakat  terbilang tinggi untuk Konser Bangso Batak pertama di Provinsi Jambi ini.

“Sebaiknya segera beli tiketnya, karena saingan berburu tiket tak hanya datang dari Kota Jambi dan kabupaten yang ada di provinsi kita, namun beberapa penonton asal provinsi tetangga ternyata juga mulai borong kursi untuk nonton, diantaranya ada yang dari Palembang dan Pekanbaru," lanjutnya lagi.

Jika berminat, cara beli tiket konser Bangso Batak Jambi ini sangat mudah, anda tinggal download di playstore ‘Travelnetsia’ lalu pilih tiket konser dan kursi yang diinginkan secara onlione. Atau bisa juga ketik BATAK lalu WA ke 0821-7899-6188.

Kata Ayu lagi, Kapasitas ACC tidak besar, jumlah penonton juga terbatas, tentu saja siapa cepat dia yang akan dapat, Ayu juga mengajak semua mengikuti akun IG @konserbangsobatakjambi. "Semua informasi konser ada di sana, jadi bisa tahu update terbaru dari sana," lanjutnya lagi.

Terpisah, EO Jambi Ekspres Group, Dona Piscesika kepada Jambipos Online mengatakan, mereka juga mengundang secara khusus Tokoh Marga Batak dan Tokoh Ormas Etnis Batak di Jambi. Juga mengundang sejumlah Jurnalis Etnis Batak untuk meliput acara konser perdana di Provinsi Jambi ini. (S24-AsenkLeeSaragih)










Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama