. Pemerintah dan DPR Perlu Berjuang Bersama Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Pemerintah dan DPR Perlu Berjuang Bersama Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan


Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon (kiri) menerima cendera mata dari Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan) seusai sosialisasi Diplomasi Parlemen BKSAP DPR RI Sustainable Development Goals (SDGs) di kantor Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (24/1/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Pemerintah dan dewan perwakilan rakyat tingkat pusat hingga daerah perlu meningkatkan kerja sama untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di seluruh daerah di Indonesia. Perjuangan bersama pemerintah dan wakil rakyat melaksanakan pembangunan berkelanjutan penting demi pembangunan masyarakat mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota hingga pedesaan. 

Hal  tersebut diungkapkan Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon pada sosialisasi Diplomasi Parlemen BKSAP DPR RI Sustainable Development Goals (SDGs) di kantor Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (24/1/2022). Pertemuan tersebut turut dihadiri Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH. 

Menurut Fadli Zon sosialisasi SDGs penting memberikan kesempatan yang bersifat terbuka di tingkat pusat, provinsi, maupun daerah kepada pihak pemerintah, parlemen dan masyarakat merancang dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan pemerataan pembangunan.

“Sebagai vocal point (pembawa suara rakyat) dalam parlemen dan juga SGDs, BKSAP DPR RI tidak hanya sosialisasi SGDs tetapi juga memberikan kesempatan terbuka untuk bekerja sama dan berdiplomasi bagi masyarakat, perguruan tinggi di dalam negeri dengan di luar negeri, termasuk juga pemerintah daerah,”katanya.

Dijelaskan, BKSAP) DPR RI juga mendorong pemerintah pusat dan daerah mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan hingga tingkat desa. Hal itu penting demi pemerataan pembangunan di seluruh tingkatan dan daearah sekaligus membebaskan masyarakat desa dari ketertinggalan. 

Sementara itu, Gubernur Jambi, H Al Haris, pada kesempatan tersebut mengharapkan adanya peningkatan kerja antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan BKSAP DPR RI guna percepatan pembangunan di Provinsi Jambi. Selain itu kerja sama antar parlemen dengan pemerintah di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota juga penting menjembatani dan mencari solusi berbagai permasalahan pembangunan di daerah. Kerja sama tersebut juga penting menjadi saluran komunikasi antar parlemen yang efektif dan efisien. 

Menurut Al Haris, kerja sama lembaga eksekutif dengan legislatif di Provinsi Jambi selama ini sudah berjalan cukup baik dan sinergis. Kerja sama tersebut diharpkan bisa ditingkatkan di masa mendatang demi pembangunan dan kemajuan daerah sekaligus memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional.

Dikatakan, kunjungan BKSAP DPR RI ke Jambi dapat mendorong dan lebih meningkatkan sinergitas eksekutif dan legislatif di Provinsi Jambi. Kemudian meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga lainnya. Hal itu penting karena kemajuan pembangunan sangat membutuhkan kerja sama yang baik.

“Kami siap menerima masukan-masukan dari BKSAP DPR RI untuk membangun Provinsi Jambi. Dukungan BKSAP DPR RI penting agar Provinsi Jambi bisa menggapai lompatan kemajuan dan daya saing seluruh sektor pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,”katanya.

Al Haris mengatakan, Pemprov Jambi selama ini terus berupaya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Namun Jambi masih perlu masukan dan sumbangsih pemikiran dari BKSAP DPR RI untuk memperbaiki dan mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Jambi. (Matra/AdeSM). 

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama