. Pasar Tani Dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Sukses

Pasar Tani Dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Sukses


Simalungun, S24-Pasar Tani dan Bazar Pangan Panen Petani Simalungun Tahun 2024 yang berlangsung selama tiga hari di Lapangan Bola Kaki Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Simalungun, resmi ditutup dengan penuh suka cita pada Kamis (05/09/2024). 

Acara yang diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun bekerjasama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Maporina (Masyarakat Pertanian Organik Indonesia) ini berhasil menampilkan semangat gotong royong dan kebersamaan dalam mendukung sektor pertanian.

Selama tiga hari, Pasar Tani dan Bazar Pangan menawarkan beragam kegiatan menarik yang menarik perhatian masyarakat. Defile kontingen kecamatan, bazar pangan, talkshow, pasar murah, pelayanan administrasi kependudukan bagi pemula, dan lomba merangkai buah dan sayur meriahkan acara ini.

Penutupan kegiatan dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang), Debora Pinta Ito Hutasoit, yang membacakan sambutan tertulis Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Debora menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam kegiatan ini. Ia menekankan bahwa Pasar Tani dan Bazar Pangan tidak hanya menjadi ajang mempertemukan petani dengan produsen, seller, dan buyer, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Simalungun.

“Kegiatan ini telah mendapat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat dalam mendukung produk-produk lokal. Ini menunjukkan bahwa masyarakat kita semakin sadar akan pentingnya mendukung produk pertanian lokal,” kata Debora.
Ia berharap kegiatan ini dapat terus dilaksankan secara rutin dan menjadi agenda tahunan, sehingga dapat terus mendorong perekonomian, pertemuan ekonomi lokal, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini hingga berakhir dengan sukses, semoga kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi kita semua,” ucap Debora mengakhiri.

Penutupan Pasar Tani dan Bazar Pangan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba merangkai buah dan sayur. Juara 1 diraih oleh Kecamatan Sidamanik, Juara 2 oleh Kecamatan Dolok Silou, dan Juara 3 oleh Kecamatan Tanah Jawa. Untuk Juara Harapan 1, 2, dan 3, berturut-turut diraih oleh Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Siantar, dan Pematang Bandar. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa trophy dan bingkisan.

Suksesnya Pasar Tani dan Bazar Pangan ini menjadi bukti nyata komitmen Pemkab Simalungun dalam mendukung sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi daerah lain untuk mengembangkan program serupa. (S24-CR/S.Hadi Purba) 




Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama