. Bupati Kabupaten Samosir Resmikan Air Bersih Di Desa Hutarihit, Kecamatan Nainggolan

Bupati Kabupaten Samosir Resmikan Air Bersih Di Desa Hutarihit, Kecamatan Nainggolan



Pangururan, S23 - Bupati Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara diwakili Asisten III Arnod Sitorus didampingi Project Manager Water Mission Amerika Serikat Josh Burns, Kepala Desa Hutarihit Hottua Lumban Toruan melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya Program Air Bersih di Dusun III Siturituri, Desa Hutarihit Kecamatan Nainggolan Kabupaten Samosir.

Turut hadir beberapa OPD, Camat Nainggolan, jajaran Yayasan Water Mission, Waha Mitra Indonesia (WMI), unsur Forkopimca Nainggolan dan  warga Desa Hutarihit.

Program Air Minum Siturituri, Desa Hutarihit merupakan program kerjasama Pemerintah Kabupaten Samosir, Pemerintah Desa Hutarihit, Water Mission USA serta Waha Mitra Indonesia (WMI). Program ini mulai tahun 2022 sampai 2024, juga sudah di survey, pembenahan lapangan, sosialisasi sebagai komitmen masyarakat, pembangunan fisik, ujicoba hingga peresmian.

Sumber dana berasal dari yayasan Water Mission, juga WMI sekitar Rp 1,5 M, Dana Desa (DD) Rp 350 Juta, kontribusi masyarakat sebanyak Rp 120 Juta (dana dan swadaya gotong royong) dan tindak lanjut dari APBD sebanyak Rp 250 juta, Selasa (5/9/2024).

"Masyarakat sempat tidak yakin dengan program ini. Namun berkat upaya dan kerja keras kami dengan semua pihak, pada akhirnya bisa berjalan dengan baik dan diresmikan hari ini."

Camat Kecamatan Nainggolan, Tino Nainggolan bersama unsur Forkopimca mengapresiasi kinerja Kepala Desa Hutarihit bersama dengan masyarakat mewujudkan program ini.

Bupati Kabupaten Samosir diwakili Asisten III Arnod Sitorus melalui sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Yayasan Water Mission dari Amerika Serikat, Waha Mitra Indonesia yang telah menggagas program air bersih di Desa Hutarihit. Pastinya bantuan ini akan menjadi berkat bagi masyarakat.

"Saya cukup bangga, ada sinergitas yang luar biasa dari masyarakat. Selain dana dari Water Mission,  WMI dan Pemerintah, ternyata ada juga swadaya dari masyarakat. Sinergitas seperti ini sudah jarang kita temui. Maka saya harapkan agar terus dipertahankan," ungkap Arnod Sitorus. 

Project Manager Water Mission wilayah Indonesia Mr. Josh Burns mengatakan kehadiran air bersih di Desa Hutarihit ini merupakan anugerah yang luar biasa dari Tuhan.

"Kami hanya sebagai alat, kehadiran air bersih di desa ini adalah semata mata dari Tuhan. Tuhan telah mendengar doa-doa kita hingga air bersih bisa mengalir ke rumah-rumah," sebut Josh. (S24/FS).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama