. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Raih Gelar Profesor Kehormatan Dari Tsinghua University Beijing Cina

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Raih Gelar Profesor Kehormatan Dari Tsinghua University Beijing Cina


Jakarta, S24 - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menerima gelar honorary professor atau profesor kehormatan dari Tsinghua University di Beijing, Cina, Rabu (12/6/2024).

Tsinghua University memberikan gelar tersebut lantaran Luhut Binsar Pandjaitan dianggap memiliki kontribusi signifikan dalam mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Cina. Selain itu, juga dianggap telah membawa keuntungan ke dua belah pihak negara tersebut.

"Kerja keras dan sikap pantang menyerah itulah yang mengubah jalan hidupnya, menjadikannya orang pertama di Indonesia yang pernah belajar di Cornell University. Sikap tersebut juga yang saya teladani untuk menjadi seorang profesional, di manapun saya bekerja," ujar Luhut melalui keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Kamis, 13 Juni 2024. 

Pria kelahiran Simargalagala Huta Namora, Silaen Kabupaten Toba Provinsi  Sumatera Utara ini menyampaikan hal itu dalam sebuah seremoni. Suami Devi boru Simatupang ini mengaku sempat bertanya kepada Tsinghua apa sebab mereka mengamanatkan gelar tersebut.

Menurut mertua KSAD Jend Maruli Simanjuntak, M.Si ini, kampus itu menilai Luhut berkontribusi atas terjalinnya hubungan persahabatan yang begitu erat antara Indonesia dan Cina. Bahkan, selama ini ia mengaku beberapa kali mendapatkan tawaran penghargaan serupa dari universitas lain, namun selalu menolak. 

"Bagaimana bisa? Lulusan Akademi Militer Nasional terbaik tahun 1970 ini yang hanya mengerti kata, siap dan laksanakan, tak pernah menyukai pelajaran aljabar dan matematika, mendapatkan gelar terhormat dari salah satu cabang ilmu pengetahuan. Apalagi gelar tersebut datang dari kampus nomor 1 di Asia dan 12 terbaik dunia," ujar mantan Kepala Staf Kepresiden RI ini.

Dalam kesempatan itu, mantan Menko Polhukam ini juga mengenang perjalanan hidupnya dan nilai-nilai kerja keras yang diwariskan oleh ayahnya, seorang mantan sopir bus AKAP di Sibualbuali. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Cina telah diberi gelar itu.

Mantan Menperindag era Presiden Abdulrahman Wahid (Gusdur) ini berharap persahabatan kedua negara akan terus terjalin dan semakin kokoh. "Amanat ini akan saya dedikasikan sebagai komitmen untuk terus melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara," ungkap mantan Dubes di Singapura ini.

Gelar itu langsung dilaporkan Luhut ke Presiden Joko Widodo. "Presiden berkeinginan agar saya dapat menerimanya," ujar alumni SMA Penabur Bandung Jawa Barat ini.

Berdasarkan QS World University rangkings 2023, Tsinghua University berada di peringkat 14. Terdapat 87 program sarjana, 83 program pascasarjana dan doktoral. Kampus itu berdiri sejak 1911. (Berbagai Sumber, S24/FS)

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama