. Pramuka Garda Terdepan Cetak Generasi Muda Berakhlak Mulia

Pramuka Garda Terdepan Cetak Generasi Muda Berakhlak Mulia

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (kiri) selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Daerah Jambi menerima penghargaan dari Pengurus Kwarda Pramuka Jambi pada Musda Gerakan Pramuka Jambi 2022 di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Jumat (13/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) - Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) menjadi garda terdepan pembentukan karakter generasi muda. Kegiatan – kegiatan pembinaan di lingkungan pramuka berperan besar membentuk pribadi berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup. 

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH slaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Daerah (Kamabida) Jambi pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Jambi Tahun 2022 di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Jumat (13/5/2022).

Musda Gerakan Pramuka Jambi bertajuk “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membentuk Karakter Generasi Muda Jambi Yang Simpatik” turut dihadiri Ketua Kwarda Jambi,  H Sudirman, SH, MH yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Menurut Al Haris, pendidikan kepramukaan merupakan jalur pendidikan non formal. Karena itu Pemprov Jambi secara konsisten dan berkelanjutan  akan terus  melaksanakan peran dan fungsi sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Jambi. Hal itu sesuai dengan amanah Undang-Undang (UU) Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. 

“Salah satu tanggung jawab pemerintah daerah memajukan pramuka, yakni memberikan bantuan dan bimbingan serta perhatian terhadap perkembangan pendidikan kepramukaan,”katanya.

Al Haris sangat mengapresiasi kepegurusan Pramuka Tahun 2017/2022 yang banyak menorehkan prestasi. Pengurus Pramuka di Jambi diharapkan terus meningkatkan pembinaan dan prestasi di masa mendatang melalui pelaksanaan kegiatan yang lebih baik. 

“Saya mengharapkan pengurus dapat memberikan dukungan bagi Kwarda Gerakan Pramuka Jambi untuk melaksanakan program kerja. Baik program yang bersifat rutin maupun yang bersifat partisipasi skala regional, nasional dan iInternasional,”tambahnya. 

Diungkapkan, Pemprov Jambi sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka bersama Forkompinda Provinsi Jambi selama lim atahun terakhir tahun ini telah memberikan perhatian dan bantuan yang cukup besar bagi perkembangan Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi. Baik bantuan moril, materiil termasuk anggaran.

“Besarnya perhatian ini tentu berdampak positif pula bagi terlaksananya program dan kegiatan Kepramukaan Kwartir Daerah Jambi dan Kwartir Cabang jajaran Kwarda Jambi. Daya dukung yang penuh itu juga dapat terlihat dari aktifnya Kwarda Jambi dalam melaksanakan kiprah di tengah masyarakat, termasuk membantu program Pemprov Jambi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan pendidikan nonformal di lingkungan Gerakan Pramuka,”katanya. 

Al Haris lebih lanjut mengatakan, Musda Kwarda Pramuka Provinsi Jambi tahun 2022 merupakan sarana evaluasi pelaksanaan program dan penyusunan langkah-langkah strategis organisasi. Kemudian musda ini juga merupakan momentum penyusunan program unggulan yang sejalan dengan program pemerintah dan kegiatan yang berdampak besar bagi masyarakat luas.
Ketua Kwarda Jambi,  H Sudirman, SH, MH pada Musda Gerakan Pramuka Jambi 2022 di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Jumat (13/5/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Sementara itu, Ketua Kwarda Jambi,  H Sudirman, SH, MH menjelaskan, kepengurusan Kwarda Pramuka Jambi telah melaksanakan amanah organisasi selama lima tahun ini dengan baik dan berhasil. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan berjalannya kinerja organisasi dan terselenggaranya kegiatan yang telah menjadi program Kwarda Pramuka Jambi. 

“Selain itu kita juga sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan berskala Nasional, yakni Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) tahun 2018 dan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) tahun 2021,”katanya.

“Keberhasilan menjalankan amanah organisasi tersebut tentu bukanlah hasil kerja seorang diri, melainkan atas hasil kerja bersama dengan seluruh pengurus dan jajaran. Pelaksanaan kegiatan tersebut tetap menerapkan prinsip organisasi yaitu kolektif dan kolegial,”katanya. (Matra/AdeSM).

Berita Lainya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama