. MTQ Nasional ke-28 Padang, Sumatera Barat, Momentum Membangun Kebersamaan Melawan Covid-19

MTQ Nasional ke-28 Padang, Sumatera Barat, Momentum Membangun Kebersamaan Melawan Covid-19


Defile (pawai) kafilah yang dibatasi pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 Tahun 2020 di Stadion  Utama Sikabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Simbar) , Sabtu (15/11/2020) malam. (Foto : Matra/Ade SM)

(Padang, Matra) – Perhelatan keagamaan tingkat nasional, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 Tahun 2020  di Stadion  Utama Sikabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Simbar)  resmi dibuka, Sabtu (15/11/2020) malam. Pembukaan MTQ Nasional tersebut dilakukan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual atau dalam jaringan (daring).

Pelaksanaan  MTQ Nasional ke-28 yang berlangsung Sabtu (14/11/2020) di Padang hingga Sabtu (21/11/2020) tersebut cukup rawan karena MTQ Nasional tersebut dilaksanakan dalam suasana negara yang dilanda pandemi Covid-19. Namun perhelatan keagamaan tersebut tetap digelar dengan melaksanakan protokoler kesehatan secara ketat.

Presdien RI, Jokowi pada pembukaan MTQ Nasional ke-28 secara virtual tersebut, Sabtu (14/11/2020) mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan MTQ Nasional tersebut harus mematuhi protokoler kesehatan Covid-19 guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 selama berlangsungnya MTQ Nasional itu. Pelaksanaan MTQ Nasional ke-28 di Padang, Sumbar harus menjadi salah satu contoh penerapan protokoler kesehatan yang baik mencegah penularan Covid-19.

Dikatakan, bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Alquran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

“Bagi kaum muslimin, Alquran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. Alquran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan,”ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, dalam mengamalkan ajaran Alquran, sudah sepatutnya umat Islam meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW, yakni kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Alquran, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama. Semua umat muslim harus meneladan kemuliaan akhlak Nabi Muhammad tersebut.


Seluruh hadirin menggunakan masker dan menjaga jarak pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 di Stadion  Utama Sikabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Simbar), Sabtu (15/11/2020). (Foto: Matra/Humas Prov Jambi)

Menurut Jokowi, generasi muda muslim yang tampil pada MTQ aNasional tersebut hendakanya berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, serta berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif, dan berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah. 

“Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, dan yang juga sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat,”katanya.

Sementara itu, Menteri Agama RI,  Fachrul Razi pada kesempatan tersebut mengatakan, banyak nilai yang terkandung dalam setiap event MTQ ini, antara lain pembelajaran untuk terus menggali dan mempelajari kandungan Alquran.

 ”Karena itu tak heran bila dalam setiap perhelatan MTQ, lahir para penghafal dan qori qoriah yang berbeda, yang menjadi penanda bahwa banyak deretan generasi muda yang konsisten mendalami kitab suci Alquran,”ujarnya.

Disisi lain, tambahnya, MTQ Nasional juga menyajikan wajah Indonesia yang penuh damai dan toleran, serta menjadi media untuk membangun ukhuwah islamiyah (persaudaraan orang islam), ukhawah wathoniyah (persaudaraan kebangsaan), dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan kemanusiaan), khususnya melawan Covid-19.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat,  Prof Dr H  Irwan Prayitno, SPsi,MSc pada kesempatan tersebut mengatakan, dalam suasana adaptasi kebiasaan baru aman Covid-19, tentu ada hikmah yang dapat dipetik, yakni pembukaan MTQ dapat dilaksanakan secara optimal melalui pemanfaatan teknologi yang menjadi langkah maju seperti yang dilakukan secara virtual, untuk menghindari jangan terlalu banyaknya perkumpulan.

“Kami menyambut baik kehadiran seluruh peserta MTQ nasional ke-28 dari seluruh penjuru Tanah Air. Selamat bertanding dan selamat menikmati kebersamaan dan suasana kegembiraan selama berada di Sumatera Barat,”katanya.(Matra/Ade SM)





Berita Lainya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama